Minggu, 29 November 2009

Siauw Tik Kwie alias Otto Suastika


Foto diambil dari Komik Sie Djin Koei Tjeng Tang terbitan Zhambala cetakan pertama 1983.
OTTO SUASTIKA (Siauw Tik Kwie) Dilahirkan pada tanggal 21 Juni 1913 di kota Surakarta. Pendidikan yang diperolehnya adalah dari Sekolah Tiong Hoa Hwe Kuan, yaitu sekolah bagi golongan Timur Asing-Cina pada masa penjajahan Belanda. Di sekolah inilah ia mendapatkan pelajaran seni rupa dari guru-guru yang pandai dan ia pun sangat berbakat.

Selain bakat melukis yang kian terasah, ia juga belajar filsafat dari Khong Hu Cu (Confussianisme). Ditambah lagi dengan hobbynya membaca buku-buku legenda Cina seperti Hong Sin, Sam Kok. Si Jin Kui, Si Kiong, Gak Hui, dan lain sebagainya. Ia belajar memvisualisasikan tokoh-tokoh dalam legenda itu hanya untuk iseng kemudian di berikan kepada teman-temannya


Mutasi dari Surakarta ke Jakarta membawanya berkawan dengan Kho Wan Gi (komikus Put On), Lee Man Fong dan lain-lain. Sehingga membawa keluasan cakrawala dunia gambar menggambarnya. Ia melukis komik untuk surat kabar Sing Po, Majalah Liberty Malang, Starmagazine Jakarta, mingguan Star Weekly, dan masih banyak lagi.

Atas saran dari Auwyang Peng Koen (PK Ojong) yang termasuk pendiri harian Kompas, Sieuw Tik Kwie diminta untuk melukis Sie Djin Koei. Dan ia pun menyanggupinya. Kelar dalam waktu yang cukup lama yaitu 7 tahun.

Sebagai pelukis, Siauw Tik Kwie pernah empat kali mengadakan pameran tunggal di Balai Budaya, Jakarta. Pamerannya yang terakhir diadakan pada 1980, dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu itu, Dr. Daoed Joesoef, dan disponsori oleh Jusuf Wanandi, SH (Liem Bian Kie, SH).

Siauw Tik Kwie adalah komikus besar dengan coretan berdasarkan wayang potehi. Dwilogi karyanya yang monumental, Sie Djin Koei Tjeng Tang (Sie Jin Kui Menyerbu ke Timur) dan Sie Djin Koei Tjeng See (Sie Jin Kui Menyerbu ke Barat), semula dimuat seminggu sekali di majalah Star Weekly.

Oom Siauw memang bekerja sebagai illustrator cerpen, cersil, dan cerdek, di majalah tersebut. Selain itu juga melukis sampul buku-buku cersil yang diterjemahkan oleh OKT seperti Kim Tjoa Kiam, Tjie Hong Piauw, Giok Lo Sat dan Pek Hoat Mo Lie. Ciri khas lukisannya, tokoh pendekar prianya gagah keren, pendekar wanitanya cantik galak.

Ada rencana melanjutkan dengan serial Hong Kiauw - Lie Tan (Kisah Sie Kong, cucu Sie Jin Kui), malangnya majalah Star Weekly (entah karena apa) mendadak dibreidel (!). Belakangan Oom Siauw memakai nama Otto Swastika dan menjadi pelukis kanvas sampai meninggal.

http://iccsg.wordpress.com/2006/12/25/pendekar-pendekar-komik-tionghua/Sie Djin Kui

Sie Djin Koei adalah cerita Tiongkok kuno yang sangat terkenal dan berdasarkan sejarah yang disusun dalam bentuk karya sastra oleh Lo Pen alias Lo Kuan alias Lo Kuan Chung, yang hidup pada pertengahan Dinasti Yuan (Mongol) sampai awal Dinasti Ming, yang juga menyusun cerita klasik terkenal lainnya Kisah Tiga Negara (Sam Kok).

Sie Djin Koei adalah Panglima yang gagah perkasa dari tentara ekspedisi Tiongkok yang menyerbu ke negara Kaoli yang terletak di Semenanjung Korea masa lalu.

Cerita dari See Djin Koei ini sangat pandjang mulai dari character ini dilahirkan sampai dia meninggal disusul dengan cerita keturunannya sampai jaman sesudah Wu Che Tian (Bu CekTian) emperror wanita yang pertama dari Tang dynasti.

Lee Sie Bin (Hokkian) adalah emperornya dan dia terkenal dalam cerita ini dengan menaklukkan Korea dan keturunannya menalukkan kaum Siung Nu di utara daerah machuria dan Mongolia (orang-orang suku Tartar, Hun, dan lain-lain)

Intrik dan tipu muslihat dari tokoh-tokoh di dalam cerita, kuatnya cinta kasih dalam keluarga, serta kesetiaan kepada negara adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam komik ini.


Koleksi pribadi saya karya Otto Suastika masih :
1. Sie Djin Koei Tjeng Tang 1-6 (tamat)
2. Sie Djin Koei Tjeng See 1-9 (tamat)

Bagi yang penasaran dengan cerita Sie Djin Koei ini dapat di :

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6324.0

http://www.mail-archive.com/budaya_tionghua@yahoogroups.com/msg20907.html

Bahan tulisan dari : http://jadul1972.multiply.com/journal/item/74/Komikus_Otto_Suastika

1 komentar:

  1. apakah bisa memberikan kopi komik ini? untuk sie djin kui tjeng Tang nomer 4. Biaya mohon di infokan
    kimwira@gmail.com

    BalasHapus